Format Instrumen Penilaian Praktek Mengajar
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTEK MENGAJAR
PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN EKONOMI
Nama Sekolah :
Alamat Sekolah :
Mata
Pelajaran :
Kelas /
Semester :
Nama Guru :
NIP :
Tanggal :
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HALUOELO
KENDARI
2012
INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( IPPP )
PETUNJUK
Berilah skor pada butir – butir
pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (
1 , 2 , 3 , 4 , 5 ) sesuai dengan
kriteria sebagai berikut :
1 = Sangat Tidak Baik
2 = Tidak Baik
3 = Kurang Baik
4 = Baik
5 = Sangat Baik
NO.
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
|
1.
|
Mempersiapkan siswa
untuk belajar
|
1 2 3
4 5
|
2.
|
Melakukan kegiatan
apersepsi
|
1 2 3
4 5
|
II
|
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN
|
|
A
|
Penguasaan
materi pelajaran
|
|
3.
|
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
4.
|
Mengaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang relevan
|
1 2 3 4
5
|
5.
|
Menyampaikan materi
dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
|
1 2 3
4 5
|
6.
|
Mengaitkan materi
dengan realitas kehidupan
|
1 2 3
4 5
|
B
|
Pendekatan/strategi
pembelajaran
|
|
7.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi
( tujuan ) yang
akan di capai dan karakteristik siswa.
|
1 2 3
4 5
|
8.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
1 2 3
4 5
|
9.
|
Menguasai kelas
|
1 2 3
4 5
|
10.
|
Melaksanakan pembelajaran
yang bersifat kontekstual
|
1 2 3
4 5
|
11.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif.
|
1 2 3
4 5
|
12.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
1 2 3
4 5
|
C
|
Pemanfaatan
sumber belajar/media pembelajaran
|
|
13.
|
Menggunakan media
secara efektif dan efisien
|
1 2 3
4 5
|
14.
|
Menghasilkan pesan
yang menarik
|
1 2 3
4 5
|
15.
|
Melibatkan siswa
dalam pemanfaatan media
|
1 2 3
4 5
|
D
|
Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
16.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
17.
|
Menunjukkan sikap
terbuka terhadap respons siswa
|
1 2 3
4 5
|
18.
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
1 2 3
4 5
|
E
|
Penilaian proses
dan hasil belajar
|
|
19.
|
Memantau kemajuan
belajar selama proses
|
1 2 3
4 5
|
20.
|
Melakukan penilaian
akhir sesuai dengan kompetensi
( tujuan )
|
1 2 3
4 5
|
NO.
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
F
|
Penggunaan
bahasa
|
|
21.
|
Menggunakan bahasa
lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar
|
1 2 3
4 5
|
III
|
PENUTUP
|
|
23.
|
Melakukan refleksi
atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
1 2 3
4 5
|
24.
|
Melaksanakan tindak
lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian
remidi / pengayaan
|
1 2 3
4 5
|
SKOR AKHIR = ( Skor Total : 120 ) X 100
|
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya
lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya dan apabila dikemudian
hari ternyata pernyataan saya tidak
benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Kendari,
Tanggal . . . . . . . . . . . . .
Penilai/Intruktur, Penilai/Instruktur
..................................... ......................................
NIP. NIP.
NIP. NIP.
bagaimana rumus untuk menghitung hasil dari instrumen di atas?
BalasHapus