Format Instrumen Penilaian Praktek Mengajar


                                               


INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTEK MENGAJAR
PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN EKONOMI






                 Nama Sekolah            :                                                                              
                 Alamat Sekolah          :                                                                              
Mata Pelajaran            :                                                                              
Kelas / Semester         :                                                                              
Nama Guru                 :                                                                              
NIP                             :                                                                              
Tanggal                       :                                                                              






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOELO
KENDARI
2012




INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( IPPP )

PETUNJUK
Berilah skor pada butir – butir  pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor ( 1 , 2 , 3 , 4 , 5 ) sesuai dengan  kriteria sebagai berikut :
1 = Sangat Tidak Baik
2 = Tidak Baik
3 = Kurang Baik
4 = Baik
5 = Sangat Baik

NO.
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRAPEMBELAJARAN

1.
Mempersiapkan siswa untuk belajar
1    2    3    4    5
2.
Melakukan kegiatan apersepsi
1    2    3    4    5
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A
Penguasaan materi pelajaran

3.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1    2    3    4    5
4.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1    2    3    4    5
5.
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
1    2    3    4    5
6.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1    2    3    4    5
B
Pendekatan/strategi pembelajaran

7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi
( tujuan ) yang akan di capai dan karakteristik siswa.
1    2    3    4    5
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1    2    3    4    5
9.
Menguasai kelas
1    2    3    4    5
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1    2    3    4    5
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif.
1    2    3    4    5
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
1    2    3    4    5
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1    2    3    4    5
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1    2    3    4    5
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
1    2    3    4    5
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1    2    3    4    5
17.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
1    2    3    4    5
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
1    2    3    4    5
E
Penilaian proses dan hasil belajar

19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1    2    3    4    5
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
( tujuan )
1    2    3    4    5

NO.
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
F
Penggunaan bahasa

21.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar
1    2    3    4    5
III
PENUTUP

23.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1    2    3    4    5
24.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan
1    2    3    4    5
SKOR AKHIR = ( Skor Total : 120 ) X 100



Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya     tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.


                                                                                                                                                            Kendari, Tanggal . . . . . . . . . . . . .
Penilai/Intruktur,                                                                   Penilai/Instruktur


.....................................                                                       ......................................
NIP.                                                                                     NIP.

                                                   




Komentar

  1. bagaimana rumus untuk menghitung hasil dari instrumen di atas?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana, Pendekatan, Lingkup dan Setting Penelitian

Pengertian Biaya & Penggolongan Biaya Dalam Perusahaan Manufaktur

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF